fbpx

PENGARUH COVID-19 PADA IBU HAMIL

PENGARUH COVID-19 PADA IBU HAMIL

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat seorang ibu memiliki kandungan adalah sistem imunitas tubuh yang lebih rendah, sehingga lebih rentan untuk mengidap penyakit atau infeksi.

Virus corona pada ibu hamil akan menampakkan gejala yang sama dengan pengidap positif COVID-19 pada umumnya, dimulai dari gejala batuk pilek, hingga kehilangan indra penciuman. Akan tetapi, tidak perlu dikhawatirkan, karena hingga kini tidak ada bukti peningkatan angka kematian akibat kasus COVID-19 pada ibu hamil.

Namun, pada sebagian kecil kasus ibu hamil yang telah memiliki penyakit bawaan, seperti penyakit paru-paru, asma, atau kerusakan hati, akan memiliki gejala yang lebih parah. Apabila anda seorang ibu hamil dengan komorbid seperti diatas, jangan lupa periksa kehamilan berkala di rumah sakit terdekat, ya!

Lalu bagaimana efeknya pada sang buah hati? COVID-19 adalah penyakit yang menular melalui udara terutama dengan media droplet seperti air liur. Jadi tidak mungkin terjadi penularan kandungan. Jadi COVID-19 tidak mungkin bisa menyebabkan premature atau cacat pada janin. COVID-19 juga tidak dapat ditularkan melalui cairan ketuban ataupun ASI, sehingga aman untuk menyusui bayi meskipun sang ibu mengalami positif COVID-19

Penularan COVID-19 dapat terjadi pada bayi setelah lahir. Akan tetapi tidak perlu dikhawatirkan karena anak-anak memiliki gejala terhadap COVID-19 yang sangat ringan dibandingkan orang dewasa.

Jadi tidak perlu dikhawatirkan bunda, apabila berencana memiliki anak atau sedang hamil, selama tidak memiliki komorbiditas penyakit tertentu tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Apabila ada penyakit tertentu seperti diatas ataupun hipertensi dan gula darah jangan lupa untuk control berkala di rumah sakit, terutama dengan dokter spesialis obstetric ginekologi.

Baca juga artikel-artikel dibawah: terutama buat kamu yang sedang mengalami lelah otot dan sakit sendi

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI – PUSPA HUSADA (puspa-husada.com)

FISIOTERAPI TERBAIK JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA

KLINIK BPJS TINGKAT 1 JAKARTA BARAT: NKHEALTH

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI: PUSPA HUSADA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA BARAT

KLINIK VAKSIN JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA

Leave a Comment