fbpx

Manfaat Vitamin C ?

Manfaat Vitamin C

Vitamin C (bernama lain asam askorbat) termasuk kelompok vitamin larut air. Tubuh tidak mampu memproduksi dan menyimpan vitamin C sendiri. Vitamin C adalah zat yang diperlukan tubuh kita terutama untuk membentuk jaringan baru, termasuk di antaranya adalah jaringan kulit dan pembuluh darah, hingga tulang. Jika kita kekurangan vitamin C, kita dapat terkena penyakit perdarahan kulit dan bibir pecah-pecah yang dinamakan sebagai scurvy.

BACA JUGA TENTANG KLINIK FISIOTERAPI BEKASI

Vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara mendorong produksi sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit. Sebagai antioksidan, vitamin ini juga melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat Vitamin C
Manfaat Vitamin C

Dosis vitamin C yang kita butuhkan sehari-hari adalah 40 mg hingga 1000 mg vitamin C. Lebih dari itu tidak disarankan karena justru bisa membuat keram perut atau diare. Umumnya vitamin C didapatkan melalui sayur dan buah-buahan, tetapi sekarang juga banyak minuman yang mengandung kadar vitamin C yang tinggi.

Selain intake melalui makanan, vitamin C juga dapat didapatkan melalui suntikan. Jika kita memakan makanan yang mengandung vitamin C, belum tentu seluruhnya dapat diserap melalui usus. Sebagai contohnya jika sehari kita mengkonsumsi 500 mg vitamin C, mungkin hanya 100 mg yang akan diserap ke dalam tubuh.

Untuk memastikan kadar vitamin C dalam tubuh kita cukup, dapat dengan melalui metode suntikan. Ya kelebihan dari suntik adalah zat ini langsung masuk ke dalam darah, sehingga kadar vitamin C dalam tubuh kita dipastikan akan tercukupi.

Akan tetapi kekurangannya adalah perlu dilakukan penyuntikan rutin secara berkala. Apabila kita bukan tenaga medis ada kemungkinan jarum yang digunakan tidak steril atau dipakai berulang dan itu berbahaya karena bakteri bisa masuk ke dalam tubuh. Selain itu, dosis yang diberikan dapat berlebihan. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan vitamin C yang suntik ada baiknya dilakukan di klinik terdekat.

Umumnya suntik vitamin C digunakan untuk mereka yang tidak mampu mengkonsumsi secara oral. Selama kita makan gizi seimbang, vitamin C harian yang kita butuhkan akan tercukupi dari makanan tersebut. Akan tetapi, suntik dapat dilakukan sebagai suplementasi untuk mereka yang tidak terlalu mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin. Untuk kebutuhan anda apakah anda cukup dengan makanan atau suntik, harap konsultasikan dengan dokter terdekat di tempat anda ya.

BACA JUGA ARTIKEL TENTANG:

FISIOTERAPI BEKASI

FISIOTERAPI JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI

FISIOTERAPI TERBAIK JAKARTA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA

FASKES BPJS JAKARTA UTARA : NK HEALTH

KLINIK BPJS TINGKAT 1 JAKARTA BARAT: NKHEALTH

KLINIK FISIOTERAPI BEKASI: PUSPA HUSADA

KLINIK FISIOTERAPI JAKARTA BARAT

KLINIK VAKSIN JAKARTA

PENGARUH COVID-19 PADA IBU HAMIL – (infoseharihari.com)

Leave a Comment